Keindahan Arti Pada Bacaan Sholat


Sumber: http://palembang.tribunnews.com



Reminder aja, supaya kita ngerti apa yang kita baca ketika sholat. Arti dari bacaan2nya sungguh indah:

Takbir: Allah Maha Besar
Iftitah: Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya. Segala Puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang. Sungguh aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku tidak termasuk orang-orang yang mempersekutuan Engkau/Musryik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah Rabb Semesta Alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya. Dan aku termasuk golongan orang muslimin.
Al Fatihah: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta 'alam. Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Penguasa hari pembalasan. Hanya KepadaMu, kami menyembah dan hanya kepadaMu kami mohon pertolongan. Tunjukkan kami jalan golongan orang-orang yang lurus. Yaitu jalan yang telah Engkau beri ni'mat kepada mereka. Bukan (jalan) orang-orang yang telah Engkau murkai dan bukan (jalan) orang-orang yang sesat).
Rukuk: Maha Suci Allah Yang Maha Agung dan memujilah aku kepada-Nya.
Sami’allahu liman hamidah: Allah mendengar orang yang memujinya.
I'tidal: Ya Allah Tuhan kami, bagiMu segala puji sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki dari sesuatu sesudahnya.
Sujud: Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi dan memujilah aku kepada-Nya.
Duduk di Antara Dua Sujud: Ya Allah ampunilah aku, kasihanlah aku dan cukupkanlah kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku.
Tahiyat Awal: Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat, dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi Muhammad. Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad.
Tahiyat Akhir: Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat, dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi Muhammad. Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh-shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta, Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia.
Doa Setelah Tahiyat Akhir: Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahanam, siksa kubur, fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan fitnah Dajjal Al-Masikh. Ya Allah, ampunilah dosaku, yang lalu maupun yang kemudian, yang samar maupun yang nyata, yang tak kusengaja dan yang Engkau sendiri lebih mengetahuinya daripada aku. Engkau Zat Yang Terdahulu (tanpa permulaan) dan Terkemudian (tanpa kesudahan). Tiada Tuhan selain Engkau. Wahai Zat yang menggerakkan hati. Tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.
Salam: Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu semua.

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." Q.S An Nisa: 103

Comments

Popular Posts