Ubuntu!

       Mungkin kalian pernah atau bahkan sering mendengar istilah "Ubuntu". Ya itu adalah semacam Operating System. Namun, apakah arti Ubuntu sebenarnya? Well, ini adalah salah satu filosofi yang berasal dari Africa.
"I am because We are"
      Gue pernah baca buku (belum selesai dibaca sih), judulnya Ubuntu! Di dalam buku itu diceritakan bahwa Ubuntu adalah sebuah filosofi dari Afrika Kuno yang diturunkan dari kenyataan bahwa kita pada dasarnya adalah satu keluarga besar manusia yang melakukan perjalanan di bumi ini bersama-sama. Ketika ada yang kekurangan makanan, maka semuanya merasakan kelaparan. Ketika ada yang disiksa, semua merasakan sakitnya. Ketika seorang anak menderita, air matanya membasahi kita semua. Dengan saling mengakui kemanusiaan antara satu dengan yang lain, kita bisa mengakui ikatan kita yang tak terputus oleh semua umat manusia.

       Berikut ada sebuah cerita tentang anak seorang Anthropologist yang memberikan sebuah permainan kepada anak-anak di Afrika:


       Jika saja semua manusia bisa meniru filosofi ini, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik untuk kita, anak-anak kita, dan untuk generasi selanjutnya.

Comments

Popular Posts